Jumat, 18 November 2011

pembuatan keputusan

tipe - tipe keputusan, yaitu sebagai berikut :
1. Keputusan tidak terprogram atau tidak terstruktur
2.Keputusan setengah terprogram atau setengah terstruktur
3.Keputusan terprogram atau terstruktur 

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Orang-orang  pada semua tingakatan dan di semua bidang organisasi akan di hadapkan pada sebuah pengambilan keputusan. Artinya, mereka membuat pilihan diantara dua alternative atau lebih. Meskipun pengambilan keputusan itu lazimnya digambarkan “memilih diantara sejumlah alternative,” pandangan itu terlampau sederhana. Karena proses pengambilan keputusan merupakan proses yang menyeluruh bukan sekedar  tindakan sederhana memilih diantara sejumlah alternative.
Langkah 1: Mengenali Suatu Masalah
Proses pengambilan keputusan berawal dengan adanya masalah, atau lebih tepatnya kesenjangan antara keadaan nyata  dan keadaan yang dikehendaki. Di dunia nyata, masalah tidak muncul dalam tanda neon yang berkedip-kedip bertuliskan “masalah”. Manajer harus berhati-hati untuk tidak mencampuradukkan masalah dengan gejala masalah tersebut. Apakah kemerosotan penjualan itu merupakan masalah, atau kemerostan penjualan itu semata-mata merupakan gejala masalah lain. Juga, ingat5alah bahwa identifikasi masalah itu sifatnya subjektif. Apa yang dianggapa masalah oleh seorang manajer mungkin tidak dianggap masalah bagi manajer lain.
Manajer dapat mengenali masalah dengan lebih baik jika mereka memahami 3 sifat masalah: Anda harus sadar terhadap masalah, berada dalam tekanan untuk bertindak, dan memilki sumber daya yang diperlukan untuk bertindak.
Langkah 2: Mengidentifikasi Kriteria Keputusan
Pada tahap ini manajer harus menentukan apa yang relevan dalam mengambil keputusan. Manajer menentukan faktor-faktor apa saja yang harus dibenahi.
Langkah 3: Mengalokasikan Berat Kriteria
Kriteria yang diidentifikasi dalam langkah 2 tidak semuanya sama penting, oleh karenaya para pengambil keputusan harus member bobot ke butir-butir tersebut untuk memberinya prioritas yang tepat dalam keputusan itu.
Langkah 4: Menyusun Alternatif
Langkah ke-4 menuntut para pengambil keputusan membuat daftar sejumlah alternatif yang dapat menyelesaikan sejumlah masalah itu.
Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2028100-tipe-keputusan-manajemen/#ixzz1e36b2xmA
http://aldinosuprima.blog.uns.ac.id/2010/05/24/proses-pengambilan-keputusan-manajemen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar